10 Tempat Wisata Yang Ada di Padang Yang Perlu Kamu Ketahui

1. Jembatan Siti Nurbaya
tempat wisata di padang panjang
Foto : @tripsumbar
Jembatan Siti Nurbaya merupakan sebuah jembatan yang membentang di atas sungai Batang Arau. Bangunan ini menghubungkan Seberang Padang dengan pusat kota sepanjang 156 meter. Bagi yang ingin mengunjungi Gunung Padang bisa melalui jembatan ini.
Bangunan yang diresmikan di pertengahan tahun 2002 ini penamaannya terinspirasi dari sebuah novel karya Marah Rusli , Sitti Nurbaya. Sehingga ketika peresmian jembatan ini pun turut mengundang para pemeran film Sitti Nurbaya.
Menikmati pemandangan jembatan ini paling bagus saat senja tiba. Semburat jingga di langit menambah cantik tampilan jembatan Siti Nurbaya ini. Semakin malam kecantikan jembatan ini semakin terlihat.
Lampu-lampu yang menerangi jembatan membuat pengunjung akan betah berlama-lama menikmati suasana yang ada. Ditambah lagi dengan banyaknya penjual makanan di sekitar jembatan membuat anda tidak perlu khawatir kelaparan.

2. Batu Malin Kundang

padang tempat menarik
Foto : @amanraykhan
Batu Malin Kundang merupakan sebuah batu yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Berdasarkan legenda yang beredar di masyarakat Malin Kundang awalnya adalah seorang anak yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya.
Batu Malin Kundang ini sering dikunjungi wisatawan sebagai bahan pembelajaran kepada anak-anak mereka. Bahwa jangan pernah sekali-kali melawan orang tua. Karena perkataan orang tua bisa saja langsung dikabulkan oleh Tuhan. Seperti perkataan ibu Malin kepada Malin Kundang yang mengutuknya menjadi batu.
Batu Malin Kundang ini terletak di pesisir Pantai Airmanis, di dekat pelabuhan Teluk Bayur. Di tempat wisataini selain bisa menyelami kisah Malin Kundang. Anda juga bisa menikmati Pantai Airmannis dengan bermain air laut ataupun sekedar berfoto.
Anda bisa menikmati pemandangan yang ada disekitar pantai ini. Dan jangan lupa untuk mencipi hidangan seafood di pantai ini yang sangat khas.

3. Pulau Sikuai

tempat wisata di padang pariaman
Foto : @doni_ismanto
Pulau Sikuai merupakan salah satu tempat wisata di Padang yang wajib anda kunjungi bersama pasangan anda. Selain karena keindahan pantainya juga karena tempat ini begitu tenang, cocok bagi anda yang ingin berbulan madu. Di pulau ini tersedia resort dan cottage yang akan melengkapi kemewahan liburan anda.
Pulau Sikuai terletak setengah mil laut dari pusat kota Padang. Tepatnya di sisi barat pulau Sumatera. Pulau seluas 44.4 hektar ini baru sekitar 2.4 hektar saja yang digunakan sebagai tempat wisata. Sehingga kondisi hutan dan pantainya masih alami dan bersih.
Untuk sampai kesana bisa melalui transportasi kapal dari pelabuhan Muara selama empat puluh lima menit. Pulau ini juga sering dikunjungi oleh pelancong asing seperti dari malaysia, singapura, dan china.
Tidak ada yang bisa Anda lewatkan selama berkunjung ke Padang karena semua sangat khas yang dibalut dengan budaya semi klasik.

4. Museum Adhityawarman

wisata kuliner padang
Foto : @visilia
Museum Adhityawarman terletak di Jalan Diponegoro Kota Padang. Tempat ini dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tahun 1977. Nama museum ini diambil dari nama seorang Raja Malayapura yaitu Raja Adhityawarman.
Museum seluas 2.8 hektar ini berisi benda-benda bersejarah Sumatera Barat. Di dalam museum ini terdapat Rumah Bagonjong yaitu rumah adat khas Minang.
Museum ini sangat cocok dikunjungi pelajar dan masyarakat yang ingin mengetahui sejarah Sumatera Barat. Karena koleksi museum ini yang lengkap mulai dari arkeologi hingga seni rupa.
Selain itu di ruang utama museum ini terdapat diorama yang menggambarkan struktur adat masyarakat Minang dalam adat Minangkabau. Disana dijelaskan mengapa perempuan memegang pengaruh kuat ( sistem Matrilineal ) di Minangkabau.

5. Pantai Caroline

Pantai Caroline
Foto : @grasela_csw
Pantai Caroline terletak 20 km ke arah selatan kota Padang tepatnya di Teluk Bungus. Untuk mencapai pantai ini selain dengan kendaraan pribadi , bisa juga menggunakan kendaraan umum dari terminal oplet Pasaraya.
Pantai ini pernah menjadi salah satu lirik lagu Melayu, Pantai Caroline. Di pantai ini kita bisa menghabiskan waktu dengan menyewa boat atau sekedar bermain pasir sambil ditemani deburan ombak.
Jika masih punya waktu lebih bisa juga menyeberang ke pulau Kasiak. Jaraknya 15 menit dari Pantai Caroline dengan menggunakan boat. Menikmati Pantai Caroline paling bagus saat senja datang. Sunset yang dihasilkan di pantai ini lebih indah daripada pantai yang ada di wilayah Padang.

6. Air Terjun Tiga Tingkat

tempat wisata di sumatera barat
Foto : @potretmadura
Air terjun tiga tingkat lubuk hitam ini terletak di Desa Koto Lubuk Hitam. Sekitar 21 km arah selatan kota Padang, searah dengan pantai Caroline. Jika melakukan perjalanan lewat pesisir selatan Padang, air terjun tiga tingkat ini bisa dilihat dari pinggir jalan.
Namun untuk mencapai air terjun tersebut tidak semudah melihatnya di pinggir jalan. Karena air terjun ini berada di kaki Bukit Barisan dengan ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut.
Tempat wisata ini sangat cocok untuk para pecinta alam. Karena untuk mencapai ketiga air terjun ini harus melewati jalanan yang terjal. Namun semua akan terbayarkan ketika sudah samoai di air terjun dan menikmati cipratan air yang mengenai wajah kita.

7. Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik
Foto : @heavyequSolok
Sitinjau Lauik pada dasarnya merupakan ruas jalan sepanjang 15 km yang menghubungkan kota Padang, Arosuka dan Solok. Jalur ini merupakan jalur lintas Sumatera yang menghubungkan Sumatera Barat dengan provinsi lainnya.
Sitinjau Lauik terkenal sebagai tempat wisata karena pemadangan yang terhampar sepanjang ruas jalan ini sangat indah. Dari sepanjang jalan ini kita bisa menikmati kota Padang serta laut sepanjang pantai barat dari ketinggian. Terlebih jika malam hari tiba, kota padang akan terlihat semakin indah dengan kilauan lampu yang bersinar.
Keindahan dan bentuk ruas jalan yang berliku membuat Sitinjau Lauik menjadi indah. Tempat ini pernah menjadi jalur dalam kegiatan Tour De’ Singkarak pada tahun 2015.

8. Pantai Padang

Wisata padang untuk anak
Foto : @rendyhendrizal
Pantai Padang atau biasa disebut masyarakat sekitar dengan Taplau ( Tapi Lauik = Tepi Laut ). Tempat ini merupakan salah satu pantai yang terletak dekat dengan pusat kota Padang. Wisata ini membentang dari daerah Purus hingga muara Batang Arau yang terkenal dengan jembatan Siti Nurbaya-nya.
Untuk mencapai pantai ini bisa dengan berkendara sekitar 30 menit dari Bandara Udara Minagkabau. Jaraknya yang dekat dengan pusat kota membuat masyarakat tidak perlu repot berjalan jauh. Jika ingin menikmati sunset atau sekedar merasakan deru ombak cukup berkunjung ke tempat ini.
Tempat wisata ini selalu ramai disetiap minggunya. Pemerintahan setempat pun terus berbenah membuat pantai ini lebih baik lagi disetiap waktunya.

9. Miniatur Makkah

Wisata padang menarik
Foto : @bund2lusi
Untuk anda yang ingin pergi ke Mekkah namun belum ada dana yang cukup, maka Padang bisa menjadi tujuannya. Karena di Padang ini terdapat miniatur kota Mekkah. Lokasi ini terletak di Lubuk Minturun Padang sekitar 30 menit dari pusat kota Padang.
Di tempat ini semua bangunan dibuat sama persis dengan bangunan yang ada di kota Mekkah. Namun banguan itu dibuat dengan ukuran yang lebih kecil, termasuk Kabah. Sehingga seringkali lokasi ini dijadikan tempat manasik haji.
Selain itu ditempat ini pula kita bisa menemui hewan khas Timur Tengah seperti onta. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang ada di Sumatera Barat.

10. Pemandian Lubuk Minturun

Tempat Liburan di padang
Foto : @iglatifa14
Pemandian Lubuk Minturun ini searah dengan Miniatur Mekkah. Sehingga jika anda sudah lelah berjalan-jalan di miniatur Mekkah anda bisa langsung menuju pemandian Lubuk Minturun ini. Pemandian ini biasanya dikunjungi oleh anak muda yang lebih senang mengexplorasi alam.
Air yang jernih dan suasana alam yang begitu kental terasa membuat pemandian ini menjadi salah satu objek wisata favorit masyarakat. Terlebih lagi jika menjelang bulan Ramadhan, di lokasi ini mengadakan upacara adat yaitu Hari Balimau dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.
Mengingat area pemandian ini alami maka ada di beberapa tempat yang cukup dalam untuk dijangkau oleh anak-anak. Oleh karena itu pengelola juga menyediakan penyewaan ban pelampung seharga lima ribu rupiah saja.
Beragamnya tempat wisata di Padang membuat Padang menjadi salah satu kota yang tidak pernah sepi wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.
Selain di kota Padang-nya sendiri tempat wisata di padang panjang juga menarik untuk dikunjungi. Kota Padang Panjang yang juga dikenal sebagai Mesir Van Andalas merupakan kota dengan luas 23 m2. Kota ini masuk ke dalam kota terkecil di Sumatera Barat.
Tempat wisata di Pandang Panjang yang terkenal antara lain Masjid Asasi Sigando. Air terjun tujuh tingkat dan air terjun Lembah Anai juga tak kalah terkenal.
Selain Padang Panjang adapula wilayah Padang Pariaman yang sering menjadi tujuan wisata. Tempat wisata di Padang Pariaman beraneka ragam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tempat Wisata Yang Ada di Padang Yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar