Budget Terbatas? Coba 4 Teknik Marketing Ini Untuk Membuat Bisnis Anda Terus Berkembang

Masalah terbesar dalam membuat sebuah bisnis baru adalah terbatasnya budget.
Saat membangun bisnis di awal, Anda mungkin akan berusaha mengangatur budget seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik. Dalam hal ini, biasanya biaya marketing menjadi biaya utama yang dihilangkan.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa tanpa adanya strategi marketing bisnis Anda mungkin tidak dapat berkembang, karena akan sangat sulit mengenalkan suatu bisnis baru terhadap target pasar tanpa adanya promosi yang dilakukan.
Lalu bagaimana jika Anda hanya memiliki dana yang terbatas? Tentunya memiliki dana yang terbatas bukan berarti Anda tidak dapat menciptakan strategi pemasaran yang hebat bukan?
Saat ini terdapat banyak strategi pemasaran yang bisa Anda coba tanpa harus mengeluarkan anggaran yang terlalu besar. Berikut adalah beberapa strategi marketing yang dapat Anda terapkan tanpa harus menguras anggaran besar:

4 Teknik Marketing Untuk Bisnis dengan Budget Terbatas

1. Buat Konten Terbaik Anda

menulis - membuat konten
Pernahkah Anda mendengar pepatah yang mengatakan bahwa “konten adalah raja”? Setiap konten yang Anda masukkan akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kemajuan bisnis Anda.

Karena, seperti yang Anda ketahui bahwa konten yang baik berpengaruh besar di dunia SEO. Semakin baik konten yang dibuat semakin besar kemungkinan website dari bisnis Anda akan muncul di halaman pertama Google.
Semakin sering website Anda muncul di halaman pertama dari mesin pencarimaka semakin besar calon konsumen yang akan Anda dapatkan. Salah satu platform yang dapat digunakan dalam memaksimalkan ini adalah melalui penggunaan blog.
Sebuah blog adalah sebuah platform yang hebat untuk meningkatkan traffic ke website Anda. Traffic inilah yang kemudian dapat menjadi calon konsumen Anda dikemudian hari.
Pastikan Anda secara teratur mengekspos konten yang sesuai dengan minat audiens Anda. Semakin menarik konten yang Anda tampilkan, semakin besar juga traffic yang akan didapatkan.

Sehingga, dengan rutin memberikan konten yang baik Anda secara tidak langsung telah melakukan promosi tanpa harus mengeluarkan dana yang berlebihan.

2. Daur Ulang Konten Lama Anda

menulis konten - marketing - membuat konten
Jika Anda memiliki blog yang sudah cukup lama beroperasi, strategi pemasaran Anda bisa sesederhana melakukan daur ulang konten lama. Kemungkinannya, akan ada banyak orang yang belum pernah melihat artikel lama Anda, terutama pengunjung baru di blog Anda.

Berikan konten lama kepada pengunjung menggunakan kemasan baru! Misalnya, Anda bisa mengubah kumpulan posting blog menjadi e-book atau merekam tutorial video berdasarkan salah satu posting blog lama Anda. Hal ini selain efektif juga akan memudahkan Anda di saat mulai kehabisan ide konten baru. 

3. Gunakan Teknik Infografis di Setiap Konten dan Desain Anda


tips meningkatkan penjualan bisnis online
Kita tahu bahwa tidak semua orang berbakat dalam membuat desain, akan tetapi pastinya Anda setuju bahwa setiap orang bisa membuat desain terbaiknya melalui teknik infografis. Infografis adalah apa yang ingin Anda tekankan untuk calon konsumen.

Infografis yang baik akan bersifat sangat eye catching, mudah dicerna, dan dapat bermanfaat bagi banyak orang sehingga audience dengan sukarela melakukan share. Hindari untuk membuat desain yang asal, dan tidak menarik!
Untuk ini, Anda bisa menyewa seorang desainer. Tapi tentunya hal itu, bukan merupakan satu-satunya pilihan untuk Anda yang memiliki dana terbatas.
Anda dapat mencoba untuk menggunakan perangkat lunak khusus desain seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator.

Atau jika Anda tidak terbiasa menggunakan aplikasi desain tersebut, mulailah dengan layanan murah seperti infogr.am atau visual.ly untuk mendapatkan beberapa inspirasi desain. Anda juga dapat menggunakan Canva.com sebagai pilihan desain simple untuk desain yang lebih mudah.

4. Mulai dengan Mengirimkan Email Marketing

email marketing
Email marketing adalah salah satu cara paling efektif untuk tetap berhubungan dengan orang lain. Ini juga cara yang bagus untuk mendapatkan pengunjung baru yang dapat menjadi calon konsumen potensial bagi bisnis Anda.

Itu sebabnya banyak bisnis, baik perusahaan besar maupun kecil cenderung meminta pelanggan untuk memberikan data berupa alamat email.
Saat Anda telah mendapatkan database tersebut, mengirimkan email newsletter akan menjadi suatu teknik marketing yang dapat memegang peranan penting. Hal ini sehubungan dengan kebiasaan masyarakat saat ini yang terbiasa membuka email.
Bila anggaran Anda memang ketat, kemungkinan besar Anda tidak ingin membayar biaya bulanan yang dikenakan biaya pengelolaan email.

Kabar baiknya adalah kebanyakan dari mereka juga menawarkan pilihan gratis untuk bisnis dengan daftar list email dengan kuota yang lebih kecil.
Nah, masih banyak strategi marketing gratis yang dapat Anda lakukan bukan? Keempat cara pemasaran ini tentunya tidak akan menguras dana Anda secara berlebihan.
Namun, dengan anggaran kecil ini tentunya butuhkan waktu hingga mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Konsistensi juga menjadi kunci utama dalam hal ini!
Akan tetapi, jika Anda kemudian turut ingin menggunakan strategi pemasaran berbayar yang sesungguhnya dapat memberikan hasil yang terbilang lebih cepat.
Maka, melakukan peminjaman modal usaha dapat menjadi solusi yang terbaik bagi Anda yang ingin memiliki perkembangan bisnis yang cepat.
Salah satu cara untuk mendapatkan pinjaman mudah namun tak memberatkan bagi Anda adalah dengan melalui peer-to-peer Lending.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budget Terbatas? Coba 4 Teknik Marketing Ini Untuk Membuat Bisnis Anda Terus Berkembang"

Posting Komentar